Berbicara dalam bahasa pelanggan

Sekurang-kurangnya ada 3 jenis bahasa yg di pergunakan dalam proses penjualan:


Pertama adalah "bahasa teknis", artinya yg di bicarakan adalah hal-hal yg bersifat teknis dan berkaitan dengan spesifikasi produk/jasa tertentu. Misalnya membicarakan soal berat, panjang, lebar, tinggi, bahan baku, warna, petunjuk penggunaan, dan sebagainya.

Kedua adalah "bahasa penjual", artinya membicarakan keunggulan-keunggulan produk/jasa yg di tawarkan si penjual. Misalnya jualan kecap, si penjual mengatakan: "Kecap saya nomor 1".

Ketiga adalah "bahasa pelanggan", artinya si penjual menawarkan solusi terhadap masalah pelanggan.

Hal ini menjadi mudah di lakukan bila kita terbiasa menggali informasi dalam proses pendekatan sebelumnya. Makin banyak informasi yg kita ketahui mengenai permasalahan yg di hadapi oleh pelanggan, maka semakin mudah kita berbicara. Seorang penjual yg mahir berbicara dalam "bahasa pelanggan" akan nampak sebagai problem solver atau pemecah masalah.






Bahasa pelanggan

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Terjemahan